{ 1 komentar}

Sejarah perkembangan teknologi GPRS

teknologi gprs
Teknologi GPRS

GPRS adalah singkatan dari General Packet Radio Service merupakan suatu kecanggihan teknologi yang memungkinkan pengiriman dan penerimaan data via telpon nirkabel (ponsel) yang lebih cepat dibandingkan dengan penggunaan teknologi  Circuit Switch Data atau CSD. Penggabungan layanan telepon seluler tersebut dengan GPRS (General Packet Radio Service) menciptakan perkembangan generasi baru yang disebut 2.5G. Tujuan sistem GPRS bisa digunakan untuk melakukan transfer data (dalam bentuk paket data) yang berhubungan dengan e-mail, transfer gambar (MMS), Wireless Application Protocol (WAP), dan akses World Wide Web (WWW).


Fitur GPRS di input pada jenis ponsel bertipe GSM  dan IS-136, dan mengandalkan dengan kecepatan mulai dari 56 kbps hingga 114 kbps, sehingga dapat memungkinkan akses internet, transfer data multimedia dari dan ke komputer, notebook  dan handheld computer. Sebab GPRS dirancang berdasarkan layanan komunikasi GSM (Global System for Mobile communication), maka secara teori akan lebih murah daripada sambungan telepon seluler jenis lainnya, sehingga kanal yang dipakai dapat dibagi beramai-ramai oleh sejumlah pengguna.


Sejarah perkembangan GPRS

Adanya perkembangan teknologi GPRS didahului dengan penemuan telepon genggam generasi 1G dan 2G yang selanjutnya menjadi inspirasi sebagai pengembangan GPRS. Penemuan GPRS terus berkembang hingga kemunculan generasi 3G, 3,5G, dan 4G. Perkembangan teknologi komunikasi ini disebabkan oleh keinginan untuk selalu memperbaiki kinerja, kemampuan dan efisiensi dari teknologi generasi sebelumnya. 1. Generasi 1G: analog, kecepatan rendah (low-speed), cukup untuk suara. Contoh: NMT (Nordic Mobile Telephone) dan AMPS (Analog Mobile Phone System). 2. Generasi 2G: digital, kecepatan rendah - menengah. Contoh: GSM dan CDMA2000 1xRTT. 2G merupakan jaringan telekomunikasi seluler yang diluncurkan secara komersial pada GSM di Finlandia oleh Radiolinja pada tahum 1991.

Ref:
http://id.wikipedia.org/wiki/GPRS
http://yuniefitriani.wordpress.com/2007/06/11/apa-itu-gprs/




Silakan share (copy paste) kembali di blog/web Anda dengan menyertakan link ke blog ini. Terima kasih telah berkunjung, semoga bermanfaat untuk Anda.

Artikel Terkait:

1 komentar :

Anonim mengatakan...

:((

Silahkan berkomentar Ya..

Sebagai orang bijak, biasakan berkomentar setelah membaca isi blog :) Silakan masukkan komentar terbaik Anda.