Bahaya kurang tidur bagi tubuh manusia

Tidur yang cukup

Setiap makhluk hidup membutuhkan istirahat (tidur) setelah melakukan beraktivitas. Semua aktivitas melibatkan jaringan sel hidup, sehingga kemungkinan timbul kerusakan pada jaringan tersebut bisa terjadi, oleh sebab itu makhluk hidup perlu istirahat untuk memperbaiki kerusakan yang dimaksud. Tidur adalah suatu hal yang sangat dibutuhkan oleh mahkluk hidup.


Bahaya kurang tidur

Apakah Anda tahu bahaya penyakit apa saja yang timbul akibat kurang tidur atau istirahat?

Berdasarkan sumber hasil penelitian yang dilakukan para peneliti di Amerika. Dalam hasil penelitian yang dilakukan terhadap beberapa responden menyangkut pengaruh kurang tidur terhadap bahaya yang mengancam keselamatan jiwa manusia, mudah lupa, obesitas, kulit keriput hingga serangan jantung.


Beberapa penelitian di Jepang meneliti waktu tidur 1.255 orang dalam 50 bulan. Setiap malam mereka mengukur tekanan darah setiap hari terhadap para responden, lama waktu tidur dan penyakit kardiovaskuler seperti stroke, dan serangan jantung. Dalam penelitin itu dihasilkan laporan catatan 99 insiden penyakit kardiovaskuler pada orang yang kurang istirahat dalam 7,5 jam.

Kekurangan tidur dalam sehari bisa meningkatkan resiko penyakit jantung. Orang dewasa yang tidur kurang dari 7,5 jam pada malam hari kemungkinan resiko menghadapi insiden kardiovaskuler misalnya stroke dan serangan jantung bisa mencapai 33 persen.

Berdasarkan sumber hasil laporan jurnal Asosiasi Medis Amerika, kurang tidur juga berhubungan dengan obesitas, diabetes dan beberapa faktor resiko adanya penyakit kardiovaskuler, termasuk diantaranya tekanan darah tinggi dan kesulitan dalam bernafas saat tidur. Lebih baik kita menjadwalkan waktu tidur yang cukup untuk kesehatan. Jika kita kurang tidur, semakin lama dampaknya akan sangat bahaya bagi kesehatan tubuh manusia.


Silakan komentar

Disqus Comments