{ 1 komentar}

Tips dan Trik Cara Mempercepat Loading Blog

Mempercepat Loading blog banyak sekali manfaatnya. Ada berbagai banyak cara untuk mempercepat akses loading blog. Selain konten, Kualitas blog juga ditentukan oleh performansi dari blog tersebut, yaitu waktu muat pada loading blog. Proses loading blog yang cepat akan membuat pengunjung lebih nyaman, bagaimana jika pengunjung harus bersabar menunggu blog Anda loading? Mungkin mereka akan meninggalkan blog Anda dan mengunjungi blog lain. Apa saja sebenarnya yang mempengaruhi waktu muat blog?

Waktu loading yang cepat pada suatu halaman situs akan membuat pengunjungnya betah. Selain kualitas blog, Pengunjung lebih senang jika situs blog yang di kunjunginya cepat dalam proses loadingnya atau tidak lola (loading lama). Loading blog yang cepat bukan hanya di senangi oleh visitor, tapi juga search engine.


Sebenarnya banyak cara dan trik untuk mempercepat akses blog Anda, diantaranya kompresi kode CSS, teknik kompresi pada kode CSS berguna meningkatkan kinerja kecepatan loading suatu halaman blog. Mengkompresi blog bukan berarti blog kita super cepat tapi mengarah pada optimasi pada CSS dan memangkas kode CSS yang berlebihan.

Berikut tips dan trik cara mempercepat akses loading blog agar tidak memakan waktu lama (lola) yang saya dapat dari hasil blogwalking dan diantaranya telah terbukti setelah saya coba, yaitu:

  1. Kualitas Hosting
  2. Ini bagi Anda yang memakai self-host sebagai tempat penyimpanan blog anda. Jika Anda menggunakan hosting, pilihlah yang berkualitas. Memilih hosting yang berkualitas bukanlah perkara mudah karena banyak penyedia hosting baik yang berbayar maupun gratisan sehingga membuat bingung memilih. Kualitas server, kehandalan, pelayanan server, fasilitas autobackup, tingkat secure dan harga adalah hal yang harus di pertimbangkan untuk memilih hosting. Anda bisa search di google untuk referensi mengenai hosting untuk Anda pilih.
  3. Meminimalisir penggunaan gambar
  4. Penggunaan gambar memang sangat di butuhkan untuk mempercantik dan pelengkap dalam blog. Namun penggunaan gambar juga akan akan mempengaruhi kecepatan akses suatu blog, hal ini disebabkan karena kapasitas ukuran gambar tersebut. Semakin besar ukuran gambar, maka semakin lama waktu load. Saran saya, sebaiknya memperkecil ukuran gambar (kompres) atau menghilangkan gambar yang tidak ada gunanya.
  5. Memanfaatkan Caching
  6. Penggunaan chacing ini hanya diperuntukan bagi Anda penguna wordpress sebagai CMS blog. Caching berguna untuk mempercepat waktu muat, karena penggunaan Chacing yaitu memanfaat data web yang sudah ada. Cara penggunaan chacing adalah dengan mendownload dan memasang plugin WP Super Cache pada wordpress Anda.
  7. Meminimalisir banner yang bergerak
  8. Banner yang bergerak juga mempengaruhi kecepatan akses blog, kapasitas banner sangat diperhitungkan dalam hal ini. Semakin besar, semakin berat ukuran blog. Sebaiknya juga di kurangi dalam penggunaan banner.
  9. Perhatikan External Request dan Javascript
  10. Bagi Anda yang memiliki blog dengan penggunaan javascript, perhatikan manfaat dan kualitasnya. Karena penggunaan kode javascript juga mempengaruhi kecepatan blog yang di karenakan mereka mengeksekusi dan memanggil source code dari server mereka kemudian di tempatkan pada ruang blog yang telah kita sediakan. Lebih baik mengahapus Script yang kurang bermanfaat.
  11. Kompresi kode CSS
  12. CSS atau Cascading Style Sheets merupakan bahasa pemrograman web yang digunakan untuk mengatur tampilan atau desain suatu dokumen yang ditulis dalam bahasa markup biasanya halaman web. CSS akan menjadi alternatif bahasa pemrograman web di masa yang akan datang, dimana mempunyai banyak keuntungan. Kode CSS yang berlebihan akan sangat mempengaruhi ukuran blog, minimalkan css blog Anda agar lebih ringan dengan cara menghilangkan kode yang tidak berguna atau dengan cara mengkompresnya. Jangan khawatir bagi Anda yang kurang mengerti tentang bahasa pemrograman web seperti html dan css, Anda dapat memanfaatkan tools kompresi CSS yang bisa di cari melalui google.

Sekian tips dan trik mengenai cara mempercepat akses loading page pada sebuah blog, semoga bermanfaat. Tips dan trik tersebut di dapat dari hasil pencarian dari situs tetangga yang sudah saya coba untuk mengoptimasi loading page pada blog ini agar lebih cepat. Terima kasih dan semoga bermanfaat.




Silakan share (copy paste) kembali di blog/web Anda dengan menyertakan link ke blog ini. Terima kasih telah berkunjung, semoga bermanfaat untuk Anda.

Artikel Terkait:

1 komentar :

xface2 mengatakan...

terimakasih ats infonya.. semoga bermanfa'an untuk kita semua

Silahkan berkomentar Ya..

Sebagai orang bijak, biasakan berkomentar setelah membaca isi blog :) Silakan masukkan komentar terbaik Anda.