Shortcut Keyboard Windows yang Mungkin Belum Anda ketahui

Shortcut Windows - Tahukah anda bahwa terdapat beberapa "shortcut key" atau tombol kunci jalan pintas pada keyboard untuk mengakses fungsi-fungsi di komputer? Shortcut key yaitu beberapa gabungan atau kombinasi tombol pada keyboard yang dapat difungsikan untuk menggantikan urutan langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk mendapatkan hasil tertentu.


Shortcut key sangat bermanfaat dan lebih efisien membantu mempermudah pekerjaan kita melakukan sesuatu pada komputer. Karena kita hanya mengetikkan beberapa tombol untuk menggantikan runtunan langkah dalam melakukan proses sesuatu.

Berikut beberapa shortcut yang bisa digunakan pada operation system windows.

Win + 1,2,3,4, dst berfungsi untuk menampilkan setiap program di taskbar Anda. Hal ini membantu maka untuk menjaga program Anda yang paling banyak digunakan pada awal task bar Anda sehingga Anda dapat membukanya satu setelah yang lain. Hal ini juga bekerja pada Windows Vista untuk ikon peluncuran cepat.

Win + T akan memberikan siklus melalui program-program taskbar. Hal ini mirip dengan hanya melayang di atas item dengan mouse Anda, tetapi Anda dapat meluncurkan program dengan Space atau Enter.

Win + Home meminimalkan semua program kecuali jendela saat ini. Hal ini mirip dengan goyang Aero dan dapat dinonaktifkan dengan kunci registri yang sama.

Win + B membuat system tray yang kurang berguna tetapi bisa sangat berguna jika mouse anda berhenti bekerja.

Win+Up/Down berguna untuk meminimize dan restore tampilan windows.

Alt + Esc hampir sama fungsinya dengan shortcut Alt + Tab tetapi tidak menampilkan atau restore program.

Win + Pause / Break berfungsi untuk membuka sistem jendela properti. Ini dapat membantu jika Anda perlu untuk melihat nama komputer atau sistem statistik sederhana.

Ctrl + Esc dapat digunakan untuk membuka menu start tetapi tidak akan bekerja sebagai pengganti Windows kunci untuk jalan pintas lainnya.

Ctrl + Shift + Esc akan membuka task manager tanpa perlu menekan Ctrl + Alt + Del dulu.

Alt + Space akan membuka jendela menu sistem yang dapat digunakan untuk memaksimalkan (x), meminimalkan (n), dekat (c), atau memindahkan (m) jendela yang dapat sangat membantu jika layar jendela Anda off. Shortcut ini juga dapat membantu seperti perintah Alt + F4.

Alt + Up akan menavigasi naik satu tingkat folder pada panah di menu bar telah dihapus pada Windows Vista. Atau,Anda juga dapat membuat Backspace naik satu level folder dengan script AutoHotKey berguna.

Shift + F10 membuka "klik kanan" kontekstual atau menu untuk file / folder. Ini dapat sangat berguna untuk kecepatan terutama jika Anda tahu mana pilihan yang ingin Anda pilih. Carilah yang digarisbawahi huruf di setiap opsi untuk mengetahui mana surat Anda dapat menekan untuk akses cepat.

Shift + Del menghapus file tanpa mengirimnya ke recycle bin. Jadi, file tersebut akan terhapus total dari komputer.

Ctrl + Shift + N membuat folder baru dalam direktori Anda saat ini.

Alt + Enter membuka file properties sehingga Anda dapat melihat ukuran file, pengaturan berbagi, dan tanggal pembuatan.

F2 berfungsi untuk merubah nama file atau folder.

F3 akan terbuka explorer dan pilih bar pencarian. Jika Anda sudah memiliki sebuah jendela explorer membukanya akan menyorot bar pencarian. Dalam beberapa program juga akan membuka dialog pencarian untuk mencari dalam program tersebut.

F6 siklus objek dalam jendela aktif. Dalam explorer siklus ini akan antara lokasi bar, bar pilihan, kiri panel, dan pane kanan.

F10 matikan menu file dalam explorer.

Sebenarnya masih banyak kombinasi tombol shortcut yang lain pada windows. Jika ada yang mau memberi tambahan ilmu silakan beri komentar.


Silakan komentar

Disqus Comments