{ 0 komentar}

Tentang Protein dan Manfaatnya bagi Tubuh Manusia

Protein - Protein merupakan salah satu sumber gizi yang penting bagi tubuh manusia, protein berperan sangat penting selain untuk menunjang keberadaan setiap sel tubuh juga sebagai proses kekebalan tubuh. Setiap orang dewasa sedikitnya wajib mengkonsumsi 1 gr protein per kg sesuai berat tubuhnya. Kebutuhan terhadap protein akan bertambah pada perempuan yang sedang mengandung dan para atlet. Protein sangat berbeda dari karbohidarat dan lemak.


Keberadaan protein dalam tubuh merupakan komponen terbesar dalam tubuh manusia setelah air. Jumlah protein 1/6 dari berat tubuh manusia, dan tersebar di dalam otot, tulang, kulit, serta berbagai cairan tubuh manusia. Mineral protein merupakan sumber utama dari nitrogen yang merupakan elemen yang sangat penting dari setiap mahluk hidup.

Istilah Protein sudah kita kenal sejak kecil, karena protein merupakan salah satu zat gizi yang dibutuhkan tubuh manusia dan juga salah satu daftar kebutuhan gizi empat sehat lima sempurna seperti susu, sayur, tempe, daging, dan buah-buahan. Protein berperan sangat penting dalam struktur dan fungsi semua sel makhluk hidup dan virus. Selain itu, protein memiliki peran penting dalam pembentukan sistem kekebalan tubuh (imunitas) bertujuan sebagai antibodi, dan juga berfungsi sebagai sistem kendali dalam bentuk hormon. Fungsi utamanya adalah membentuk jaringan pada tubuh dengan kandungan asam aminonya.

Protein sangat penting bagi tubuh manusia. Kebutuhan protein bagi tubuh sangat wajib terpenuhi. Kekurangan protein dapat menyebabkan penyakit dan kekurangan seimbangan tubuh. Protein diperlukan oleh tubuh sebagai zat pembangun, pengatur dan bahan bakar.
  • Sebagai Zat pembangun, protein adalah bahan pembentuk jaringan baru di dalam tubuh;
  • Sebagai Zat pengatur, protein berperan mengatur berbagai sistem di dalam tubuh;
  • Sebagai Bahan bakar, protein akan dibakar ketika kebutuhan energi tubuh tidak dapat dipenuhi oleh hidrat arang dan lemak.

Sumber Protein
  • susu;
  • daging;
  • tumbuhan yang berbiji;
  • ikan;
  • kacang polong-polongan;
  • telur;
  • kentang;
  • jagung.

Protein di bagi menjadi dua berdasarkan sumbernya, yaitu protein hewani dan protein nabati. Protein Hewani adalah protein yang dihasilkan dari hewan, contohnya yaitu daging, telur, dan susu hewan. Sedangkan protein nabati adalah protein yang dihasilkan dari tumbuh-tumbuhan. contoh nabati diantaranya kacang, buah, dan bagian tubuh dari tumbuhan.

Kekurangan zat gizi seperti protein akan menjadikan seseorang rentan terhadap berbagai penyakit dan mudah sakit. Oleh karena itu dianjurkan agar daging telur dan susu sudah diberikan untuk dikonsumsi sejak dini. Protein hewani bermutu tinggi sangat vital dan baik untuk pembentukan otak sejak seseorang masih janin hingga berumur 2 tahun. Kesehatan tubuh manusia tidak hanya dipengaruhi faktor protein yang harus terpenuhi tetapi juga vitamin dan serat sehat lainnya harus dipenuhi untuk asupan nutrisi tubuh.




Silakan share (copy paste) kembali di blog/web Anda dengan menyertakan link ke blog ini. Terima kasih telah berkunjung, semoga bermanfaat untuk Anda.

Artikel Terkait:

{ 0 Komentar,dibacaya}

Silahkan berkomentar Ya..

Sebagai orang bijak, biasakan berkomentar setelah membaca isi blog :) Silakan masukkan komentar terbaik Anda.