{ 13 komentar}

Jenis-jenis Bilangan pada Matematika

jenis bilangan matematika
Bilangan adalah suatu konsep dalam matematika yang dipergunakan untuk melakukan pencacahan dan pengukuran. Simbol atau lambang yang dipakai untuk mewakili sebuah bilangan dinamakan sebagai angka atau lambang bilangan. Konsep bilangan dalam matematika selama bertahun-tahun lamanya sudah diperluas untuk meliputi bilangan nol, bilangan negatif, bilangan rasional, bilangan irasional, dan bilangan kompleks.


Bilangan Asli
Bilangan Asli merupakan bilangan yang dimulai dari angka satu (1) dan bertanbah satu. Pada garis deret ukur bilangan matematika yang di mulai dari angka satu bertambah satu ke arah kanan (1,2,3,4,5,...).

Bilangan Bulat
Bilangan bulat yaitu terdiri dari bilangan cacah (0, 1, 2, ...) dan negatifnya (-1, -2, -3, ...; -0 adalah sama dengan 0 dan tidak dimasukkan lagi secara terpisah). Bilangan bulat bisa dituliskan tanpa komponen desimal atau pecahan.

Bilangan Positif
Bilangan Positif adalah bilangan yang berada pada deret ukur garis bilangan yang dimulai dari Nol ke arah kanan tanpa batas {0,1,2,3,...} juga meliputi angka dibelakang koma {(0,1), (0,2), (0,3), ...} dan seterusnya.

Bilangan Negatif
Bilangan Negatif adalah negasi atau kebalikan dari bilangan positif, yaitu bilangan yang berada pada deret ukur garis bilangan yang dimulai dari -1 ke arah kiri tanpa batas {-1, -2, -3, -4, ...} juga meliputi angka di belakang koma {(-1,0), (-1,1), (-1,2), (-1,3), ...} dan seterusnya.

Bilangan Riil
Pada matematika, bilangan riil atau bilangan real menyatakan bilangan yang bisa dituliskan dalam bentuk desimal, seperti 2,4871773339… atau 3.25678. Bilangan real meliputi bilangan rasional, seperti 42 dan −23/129, dan bilangan irasional, seperti π dan sqrt2. Bilangan rasional direpresentasikan dalam bentuk desimal berakhir, sedangkan bilangan irasional memiliki representasi desimal tidak berakhir namun berulang. Bilangan riil juga dapat direpresentasikan sebagai salah satu titik dalam garis bilangan.

Bilangan Rasional
Bilangan rasional adalah suatu bilangan yang dapat dinyatakan sebagai a/b dimana a, b bilangan bulat dan b tidak sama dengan 0 dimana batasan dari bilangan rasional adalah mulai dari selanga (-∞, ∞). Pada bilangan rasional berarti teradapat di dalamnya sudah mencakup bilangan-bilangan lain seperti: bilangan bulat, bilangan asli, bilangan cacah, bilangan prima dan bilangan-bilangan lain yang menjadi subset dari bilangan rasional.

Bilangan Irasional
Bilangan irasional merupakan bilangan riil yang tidak dapat dibagi (hasil baginya tidak pernah berhenti). Dalam hal ini, bilangan irasional tidak bisa dinyatakan sebagai a/b, dengan a dan b sebagai bilangan bulat dan b tidak sama dengan nol. Jadi bilangan irasional bukan merupakan bilangan rasional atau kebalikan dari bilangan rasional.

Bilangan Imajiner
Definisinya, bilangan yang dinyatakan dengan "i"  dan di defenisikan sebagai i = -1 atau i = akar -1 . akar -2 adalah bilangan irasional, tetapi akan -2 merupakan bilangan imajiner karena tidak ada bilangan riil jika di kuadratkan menghasilkan -2.

Bilangan Kompleks
Bilangan kompleks adalah bilangan yang berbentuk a+bi dimana a dan b adalah bilangn riil dan i adalah bilangan imajiner.




Silakan share (copy paste) kembali di blog/web Anda dengan menyertakan link ke blog ini. Terima kasih telah berkunjung, semoga bermanfaat untuk Anda.

Artikel Terkait:

{ 13 Komentar,dibacaya}

Naib D Parvez mengatakan...

makasi ya om artikelnya,, really need it.. semangatt :!

pengertian komputer mengatakan...

baguzzzzz,,, bikin anak bangsa lebih majuu lagi,,??

Anonim mengatakan...

makasih artikelnya.. butuh banget..:-D
aku remed ulangan MTK :~ harus mengulang plajaran yang lalu...

sekali lagi makasih..
terus semangat belajar!!! :@

claresta1234 mengatakan...

Bilangan cacah nya ko gaada ?

Anonim mengatakan...

makasih yh...artikel ini sangt membantu sy dalam belajr matamatika khusnya tentang bilangan real......!!!!

Anonim mengatakan...

Makasih atas Postingannya, Postingnnya dapat membantu sekali dalam pengerjaan Logika Pemograman..

Anonim mengatakan...

makasih om. sangat membantu, sukses slalu.

Rizky Amalia Kh. mengatakan...

wah thx abizz pusing gw soal jns 2 bilangan coy

Anonim mengatakan...

bagus sih isinya tapi kurang lengkap kakak

Anonim mengatakan...

hhhhhmmmmmmmmmmmmm kurang byk pemahamannya

Anonim mengatakan...

Dilihat dari perkalian 2^10=1024
Kalau di lihat dari 2^20=1048576
1048576 adalah hasil dari 1024^2
Kalau kita teruskan lagi untuk 1048576^2=2^30
Diteruskan seterus nya angka belakang tidak akan pernah berubah dan hasilnya akan selalu menjadi 6.
Hasil angka belakangnya adalah


saepul aripin mengatakan...

izin share,makasih

Anonim mengatakan...

yeay! :-D
makasih buat sharing artikelnya.. ngebantu banget buat tau definisi jenis bilangan pas baca silsilah bilangan di wikipedia ini http://id.wikipedia.org/wiki/Bilangan

Silahkan berkomentar Ya..

Sebagai orang bijak, biasakan berkomentar setelah membaca isi blog :) Silakan masukkan komentar terbaik Anda.