{ 1 komentar}

Penyakit Bahaya yang Menyerang Otak

Penyakit Otak

Otak adalah pusat sistem syaraf. Otak bertugas mengatur dan mengkordinir sebagian besar, gerakan, perilaku dan fungsi tubuh homeostasis  seperti detak jantung, tekanan darah, keseimbangan cairan tubuh dan suhu tubuh.

Otak sangat penting bagi tubuh manusia oleh sebab itu adanya otak harus dijaga sedini mungkin agar terhindar dari penyakit dan gangguan pada kinerja otak.
Berikut beberapa penyakit otak, antara lain:
  1. Alzheimer
  2. Hydrocephalus
  3. Meningitis
  4. Parkinson
  5. Schizophrenia
  6. Depresi

Alzheimer
Penyakit alzheimer pertama kali ditemukan pada tahun 1907 oleh seorang ahli Psikiatri dan Neuropatologi berkebangsaan Jerman yang bernama Alois Alzheimer. Alzheimer adalah jenis kepikunan yang 'mengerikan' karena dapat melumpuhkan pikiran dan kecerdasan pada seseorang. Gangguan ini bukan penyakit menular, tapi sejenis sindrom  dengan apoptosis sel-sel otak pada waktu yang hampir bersamaan, sehingga otak tampak mengerut dan mengecil. Alzheimer juga dikatakan sebagai penyakit yang sinonim dengan orang tua karena lupa atau pikun.

Hydrocephalus
Kata Hydrocephalus berasal dari Yunani yaitu hydro yang berarti air dan  cephalus yang berarti kepala. Sesuai dari arti namanya yang menyiratkan adanya kandungan akumulasi cairan berlebihan pada bagian kepala yaitu otak. Cairan tersebut bernama cerebrospinal atau cerebrospinal fluid (CSF) adalah cairan bening yang mengelilingi otak dan sumsum tulang (spinal cord). Akumulasi yang berlebihan dari CSF berakibat pada pelebaran yang abnormal dari ruang-ruang dalam otak yang disebut ventricles. Pelebaran ini menciptakan tekanan yang berpotensi membahyakan pada jaringan-jaringan otak.

Meningitis
Meningitis adalah radang membran pelindung sistem syaraf pusat. Meningitis merupakan peradangan yang terjadi pada meninges, yaitu membrane atau selaput yang melapisi otak dan syaraf tunjang. Meningitis dapat disebabkan berbagai organisme seperti virus, bakteri ataupun jamur yang menyebar masuk kedalam darah dan berpindah kedalam cairan otak. Bakteri yang dapat mengakibatkan serangan meningitis diantaranya Streptococcus pneumoniae (pneumococcus), Neisseria meningitidis (meningococcus), Haemophilus influenzae (haemophilus), Listeria monocytogenes (listeria), Staphylococcus aureus dan Mycobacterium tuberculosis.

Parkinson
Diambil dari nama penemunya yaitu James Parkinson. Parkinson merupakan penyakit degenerasi yang menyerang otak karena kurangnya dopamine dalam otak. Gejala utamanya, gangguan pergerakan, dan gangguan non motorik. Pada banyak penyandang parkinson, ada gangguan kognitif dalam berbagai derajat. Penyakit Parkinson dimulai secara samar-samar dan berkembang secara perlahan. Pada banyak penderita, pada mulanya Parkinson muncul sebagai tremor (gemetar) tangan ketika sedang beristirahat, tremor akan berkurang jika tangan digerakkan secara sengaja dan menghilang selama tidur. Stres emosional atau kelelahan bisa memperberat tremor. Pada awalnya tremor terjadi pada satu tangan, akhirnya akan mengenai tangan lainnya, lengan dan tungkai. Tremor juga akan mengenai rahang, lidah, kening dan kelopak mata.

Skizofrenia
Penyakit ini merupakan penyakit otak yang timbul akibat ketidak seimbangan pada dopamin, yaitu salah satu sel kimia dalam otak. Skizofrenia merupakan gejala kelainan otak yang kronis, parah dan membuatnya tidak berfungsi, dan telah dikenal orang disepanjang sejarah.

Depresi
Depresi adalah penyakit suasana hati. Penyakit yang lebih dari sekadar kesedihan atau duka cita. Depresi adalah suatu kondisi yang lebih dari suatu keadaan sedih, bila kondisi depresi seseorang sampai menyebabkan terganggunya aktivitas sosial sehari-harinya maka hal itu disebut sebagai suatu Gangguan Depresi.

Sekian informasi mengenai beberapa penyakit yang meyerang otak, dengan adanya tulisan ini semoga dapat bermanfaat dan bisa dicegah sedini mungkin agar penyakit di atas tidak menyerang otak kita.




Silakan share (copy paste) kembali di blog/web Anda dengan menyertakan link ke blog ini. Terima kasih telah berkunjung, semoga bermanfaat untuk Anda.

Artikel Terkait:

1 komentar :

Praspa Cliquers Ungu mengatakan...

isinya bagus (Y)
izin copy pastenya ya admin

Silahkan berkomentar Ya..

Sebagai orang bijak, biasakan berkomentar setelah membaca isi blog :) Silakan masukkan komentar terbaik Anda.