{ 0 komentar}

Asisten Wasit Pingsan Ketika Waktu Maghrib

Surabaya, Kejadian yang jarak terjadi, Asisten wasit ketika bertugas pada laga pertandingan kompetisi Divisi Utama antara tuan rumah Persebaya menghadapi tamunya Perseru Serui Papua (Kamis petang), mendadak pingsan di pinggir lapangan sehingga membuat partai ini sempat dihentikan.

Kejadian pingsannya seorang asisten wasit bernama Kusumo Widodo tersebut terjadi ketika laga memasuki menit ke-56 atau tepat datangnya waktu Mahgrib. Sebelum terjatuh tergeletak, dia terlihat kejang-kejang dan dari mulut keluar busa. Ketika itu juga laga pertandingan langsung dihentikan wasit, untuk memberi kesempatan tim medis memberikan pertolongan. Kusumo Widodo kemudian dilarikan ke RS Dr Soewandhi Surabaya yang jaraknya tidak terlalu jauh dari Stadion Gelora 10 Nopember Tambaksari yang menjadi tempat pertandingan.

Belum diketahui jelas secara pasti penyebab pingsannya asisten wasit tersebut. Dugaan sementara, kondisi fisik Kusumo Widodo sedang kelelahan saat menjalankan tugas. "Kejadian seperti ini sangat jarang. Apa dia tidak menjalani tes medis dulu sebelum memimpin pertandingan," tanya dokter tim Persebaya 1927 (LPI), dr Heri Siswanto, saat menyaksikan laga tersebut.

Menurut Heri, berdasarkan tanda-tanda yang terlihat pada asisten wasit itu, kuat dugaan Kusumo Widodo mengidap semacam penyakit epilepsi. "Itu analisa saya kalau melihat gejala yang tampak. Untuk pastinya, biar tim dokter rumah sakit yang menjelaskan," ujarnya.

Wastomi Suheri, Ketua Panpel Persebaya Divisi Utama, saat dikonfirmasi terpisah juga belum bisa memastikan apa penyebab pingsannya asisten wasit tersebut. "Kami juga masih menunggu laporan dari tim medis Rumah Sakit Soewandhi," ungkapnya. Pada laga pertandingan sepak bola itu, Persebaya meraih kemenangan tipis 1-0 melalui gol Charles Orock saat laga baru berjalan enam menit.

Laga pertandingan sepak bola antara Persebaya melawan Perseru yang seharusnya dimulai pukul 15.30 WIB, harus molor dan baru digelar pada pukul 16.17 WIB akibat ketidaksiapan pihak panitia penyelenggara. Pengawas pertandingan tidak segera memberikan izin memulai laga pertandingan itu, karena ketidak lengkapan tim medis yang disiapkan panpel, termasuk kesiapsediaan mobil ambulans.

Sumber republika.co.id




Silakan share (copy paste) kembali di blog/web Anda dengan menyertakan link ke blog ini. Terima kasih telah berkunjung, semoga bermanfaat untuk Anda.

Artikel Terkait:

{ 0 Komentar,dibacaya}

Silahkan berkomentar Ya..

Sebagai orang bijak, biasakan berkomentar setelah membaca isi blog :) Silakan masukkan komentar terbaik Anda.