Gempa Jepang Terjadi Lagi

Lagi, gempa bumi mengguncang negara Jepang. Gempa bumi berkekuatan 7,1 skala richter (SR) kembali mengguncang negara Jepang, gempa tersebut bertepatan dengan peringatan satu bulan gempa Jepang yang terjadi pada 11 Maret lalu. Peringatan adanya gelombang tsunami setinggi satu meter pun dikeluarkan menyusul terjadinya gempa tersebut.

USGS,Badan Geologi dari Amerika Serikat menyatakan bahwa gempa tersebut terjadi di dekat Iwaki, pulau Honshu. Menurut siaran media publik NHK, pusat gempa bumi berlokasi di prefektur Fukushima. Bencana alam tersebut membuat panik para warga yang masih trauma akibat gempa besar yang melanda Jepang satu bulan lalu.

Warga yang berada dekat dengan lokasi pusat gempa berteriak berhamburan dan berlarian ke luar gedung, pada saat gempa susulan berlangsung. Meskipun guncangan gempa menyulitkan warga untuk berlari, namun warga terus berlarian keluar gedung berusaha untuk menyelamatkan diri. Demikian berita yang dikabarkan Associated Press, Senin (11/4/2011).
Meski diperingatan akan adanya bahaya tsunami setelah gempa, tidak ada gelombang tsunami yang terjadi setelah gempa susulan berlangsung. Usai guncangan gempa, warga kembali ke dalam gedung dan rumah tempat mereka berada.

Gempa susulan Jepang ini berlangsung ketika warga Jepang sedang melakukan hening cipta pada pukul 2:46 sore waktu Jepang. Hal ini dilakukan untuk memperingati tewasnya 13 ribu warga serta 15 ribu warga lainnya akibat gempa dahsyat yang melanda Jepang dan yang hilang akibat gempa berkekuatan 9 SR 11 Maret.


Silakan komentar

Disqus Comments