{ 0 komentar}

Tahukah kamu, kalau durasi waktu berpuasa di berbagai belahan bumi itu berbeda?

durasi waktu puasa diberbagai negara
Puasa, adalah menahan diri dari segala hawa nafsu yang membatalkan puasa dari mulai terbit fajar (imsak) hingga terbenamnya matahari (maghrib). Di Indonesia, durasi waktu berpuasa yaitu sekitar 12 jam. Bagaimana dengan negara-negara lain?

Ternyata, Tidak semua negara berpuasa selama 12 jam, tiap wilayah/negara berbeda-beda. Lalu apa penyebabnya?

Waktu puasa ditentukan oleh waktu perputaran bumi mengelilingi matahari. Planet bumi dalam mengelilingi matahari tidaklah tegas lurus melainkan miring, sehingga menyebabkan perbedaan waktu diberbagai belahan bumi. Pada bulan Maret - September, wilayah belahan bumi utara lebih lama mendapatkan sinar matahari di bandingkan dengan wilayah bumi selatan. Justru sebaliknya, Pada bulan Oktober - Februari, wilayah bumi bagian selatan menerima sinar matahari lebih lama dibandingkan dengan wilayah bumi bagian utara.


Letak geografis Indonesia tepat berada pada garis khatulistiwa atau terletak di tengah-tengah bumi yang membuat kita jadi sangat di untungkan dengan durasi puasa sekitar 12 jam berbeda jauh dengan waktu di Eropa yang berkisar antara 15-16 jam.

  • Durasi Waktu Puasa di Antartika. Waktu sahur sekitar pukul 06.30 pagi dan waktu berbuka puasa sekitar pukul 15.48 sore hari.
  • Durasi Waktu Puasa di Indonesia. Waktu sahur sekitar pukul 4.00 pagi dan waktu berbuka puasa sekitar pukul 17.50 sore hari
  • Durasi Waktu Puasa di Saudi Arabia. Waktu sahur sekitar pukul 04.31 pagi dan waktu berbuka puasa sekitar pukul 19.01
  • Durasi Waktu Puasa di Australia Barat. Waktu sahur sekitar pukul 05.42 pagi dan waktu berbuka puasa sekitar pukul 17.41.
  • Durasi Waktu Puasa di Jepang. Waktu sahur sekitar pukul 03.11 pagi dan waktu berbuka puasa 18.47.
  • Durasi Waktu Puasa di Inggris. Waktu sahur sekitar pukul 02.45 dini hari dan waktu berbuka puasa pada pukul 20.50 malam.
  • Durasi Waktu Puasa di Amerika Serikat. Waktu sahur sekitar pukul 04.25 dan waktu berbuka puasa pada pukul 20.12.
  • Durasi Waktu Puasa di Provideniya, Rusia. Waktu sahur pukul 1.46 dan waktu berbuka puasa pukul 21.43 malam.
  • Durasi Waktu Puasa di Jerman. waktu sahur pukul 3 dini hari dan waktu berbuka puasa sekitar pukul 20.00 s.d 22.00 malam
  • Durasi Waktu Puasa di Swedia. Waktu sahur pukul 05.30 pagi dan waktu berbuka puasa sekitar pukul 15.30.
  • Durasi Waktu Puasa di Belanda. Waktu sahur pukul 04.30 pagi dan waktu berbuka puasa 20.00.

Itulah beberapa informasi mengenai durasi berpuasa diberbagai belahan bumi. Dimana pun Anda berada dan seberapa lama durasi yang kita jalani, tergantung dari niatnya. Jika kita bulatkan tekad dan niat untuk menjalankan ibadah puasa dengan bersungguh-sungguh, InsyaAllah puasa kita akan lancar dan di ridhoi oleh Allah. Bukankah terdapat kebahagian bagi umat muslim yang menjalani berpuasa pada saat berbuka? Bukankah, Lebih lama durasinya maka lebih besar juga nikmat dan kebahagiaannya pada saat berbuka?

Selamat menunaikan ibadah puasa bagi umat muslim, semoga segala amal ibadahnya di bulan Ramadhan diterima dan dilipatgandakan oleh Allah.

Derry KR




Silakan share (copy paste) kembali di blog/web Anda dengan menyertakan link ke blog ini. Terima kasih telah berkunjung, semoga bermanfaat untuk Anda.

Artikel Terkait:

{ 0 Komentar,dibacaya}

Silahkan berkomentar Ya..

Sebagai orang bijak, biasakan berkomentar setelah membaca isi blog :) Silakan masukkan komentar terbaik Anda.