Cara cek backlink blog atau web

Backlink adalah istilah yang sudah tidak asing lagi bagi para blogger atau web master. Selain rajin update postingan pada blog, berburu backlink juga merupakan pekerjaan yang paling sering digeluti bagi para blogger yang sangat memperhatikan blognya. Apalagi kalau sedang mengikuti kontes seo, pasti menjadi prioritas yang sangat diutamakan.

Jumlah backlink yang banyak dapat meningkatkan reputasi blog kita pada search engine untuk mengoptimalkan teknik SEO. Tapi tidak semuanya, hanya yang berstatus dofollow saja. Seberapa banyak backlink yang mengarah ke blog atau website kita?

Berikut ini adalah cara mengetahui jumlah backlink.


Google
Anda bisa cek jumlah backlink menggunakan google search engine dengan cara masukkan format berikut pada kolom pencarian link:namadomain, contoh: link:ilmushare.com

Yahoo Site Explorer
Selain google, Anda juga bisa menggunaka Yahoo, caranya klik http://siteexplorer.search.yahoo.com/ lalu masukkan alamat url, ada dua kategori yang akan muncul yaitu inbound link dan link dari luar blog kita.

Backlinkwatch
Backlinkwatch sangat populer sekali digunakan oleh para blogger untuk mengecek backlink, caranya pun sangat mudah dan hasil yang ditampilkan sangat efektif dan terperinci sekali. Buka backlinkwatch.com lalu masukkan url klik cek backlink.

Sekian tips ini, bagi yang memiliki pengetahuan lebih atau pengalaman, silakan berbagi melalui kolom komentar.


Silakan komentar

Disqus Comments