Makanan bernutrisi sehat agar otak lebih fokus

makanan nutrisi bagi otak
Sel-sel yang bertugas di otak membutuhkan membutuhkan 2x energi nutrisi dari sel-sel lainnya pada tubuh karena bekerja sangat vital. Nutrisi yang sehat harus dikonsumsi dengan baik karena penting sebagai peningkatan fungsionalitas otak dan kemampuan mental contohnya pengingatan (memory), konsentrasi, dan fokus dalam berpikir.

Menjaga agar otak tetap fokus, diperlukan makanan yang kaya akan karbohidrat, vitamin B folat, zat besi dan asam lemak esensial.

Zat besi
Mary J. Kretsch, ketua studi Agricultural Research Service dalam penelitiannya itu menyatakan bahwa makanan yang mengandung banyak zat besi dapat mengoptimalkan konsentrasi dan fokus.

Makanan yang mengandung zat besi diantaranya adalah sayuran hijau, daging, roti gandum, kacang-kacangan, unggas, ikan, dan sereal-pasta.

Folat
Folat adalah vitamin B yang sangat dibutuhkan untuk sintesis asam nukleat & rantai asam lemak panjang terpenting bagi fungsi brain. Untuk wanita hamil, mengkonsumsi makanan yang kaya folat seperti buah pisang, melon, strawberry, bayam, asparagus, jus jeruk, lemon, kacang kering, kacang polong split, sereal dan nasi itu sangat baik. Apabila kekurangan folat, ini dapat meningkatkan resiko bayi terlahir cacat.

Vitamin B-6
Vitamin B-6 adalah makanan ini baik sekali untuk otak karena jenis vitamin ini dapat merubah protein makanan menjadi asam amino yang dibutuhkan dalam produksi dan sintesis neurotransmiter dopamin dan serotonin. Menurut ahli diet, ketiga zat-zat itu yang membuat otak tetep fokus dalam waktu lama.

Makanan yang banyak mengandung vitamin B-6 antara lain telur, daging sapi, daging ayam, ikan, kacang kedelai, selai kacang, kenari, oatmeal, biji bunga matahari, jus tomat, ikan tuna dan kentang.

Antioksidan
Buah dan sayur yang segar mampu menjaga oksigen mengalir menuju otak sehingga bisa membantu lebih fokus. Makanan yang mengandung antioksidan antara lain anggur, jeruk, lemon, delima, kiwi, ceri, blueberry, nanas dan jeruk. Sayuran yang kaya antioksidan yaitu cabai, kangkung, dan kubis merah.

Glukosa
Bahan bakar yang hanya digunakan oleh sel-sel otak adalah glukosa. Makanan itu bisa didapatkan dari karbohidrat kompleks seperti beras merah, oatmeal dan gandum produk roti. Makanan ini merupakan bagian penting dari nutrisi otak. Karena, otak tidak dapat menyimpan glukosa dan membutuhkan pasokan konstan dari darah.

Asam Lemak omega-3
Otak Anda memerlukan asam lemak omega-3 untuk memperkuat hubungan antara sel-sel. Ini penting karena tubuh tidak dapat membuat asam lemak omega-3. Anda dapat menemukan kandungan zat ini pada ikan, kenari dan biji rami.

Selain makanan sehat tersebut, jangan lupa dengan olahraga secara rutin. Olah raga dapant menjadikan otak dan tubuh kuat.

Sumber referensi: http://id. she.yahoo. com/inilah-makanan-yang-bantu-pikiran-tetap-fokus-004211674.html


Silakan komentar

Disqus Comments