{ 0 komentar}

Bahan makanan yang wajib tersedia di dapur bagi Vegetarian

sayur buah vegetarian vegetable
Vegetarian adalah orang yang hanya memakan makananan alami yang berasal dari nabati seperti sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan dan atau umbi-umbian. Menjadi vegetarian adalah salah satu cara mudah gaya hidup sehat yang diterapkan banyak orang saat ini.

Perlu komitmen yang tinggi dan penguasaan pengendalian diri untuk tidak memakan yang berasal dari hewani. Persiapkanlah di dapur Anda segala bahan makanan yang dibutuhkan demi mendukung keputusan Anda tersebut. Mulailah dari dapur Anda dulu. Selain sayuran, buah-buahan, tahu, dan tempe, bahan dan bumbu juga harus dipersiapkan di dapur.


Bahan yang harus dipersiapkan antara lain:

Minyak
Gunakan minyak nabati dan sesuaikan dengan penggunaannya agar makanan menjadi nikmat. Untuk salad, gunakan Extra virgin Olive Oil. Untuk memanggang gunakan minyak kelapa. Bila ingin memasak dengan suhu tinggi, sebaiknya menggunakan canola oil, Light olive oil, dan peanut oil. Selain itu, perhatikan juga kualitas minyaknya, simpan ditempat sejuk dan jauhkan kontak langsung dengan sinar matahari supaya tidak tengik

Cuka
Cuka digunakan sebagai penguat rasa agar rasa makanan lebih terasa di lidah. Gunakan cuka yang khusus untuk sayur, rendah kalori, dan masakan hot, contohnya balsamic vinegar, apple cider vinegar atau white vinegar.

Pasta dan beras
Pastikan selalu tersedia beras merah, beras putih, pasta, oat, dan cornmeal di dapur. Sertakan juga biji-bijian seperti barley, quinoa, bulgur, dll. Masakan akan memiliki kadar protein tinggi jika ditambahkan kacang-kacangan.

Kaldu sayur
Kaldu sayur kemasan adalah langkah praktis agar rasa sup sayuran lebih gurih dan lezat untuk dikonsumsi. Biasanya kaldu berbentuk bubuk ataupun seperti dadu kecil.

Nutritional yeast
Nutritional yeast adalah ragi yang umumnya sering dipakai dalam resep vegetarian, sebagai pengganti rasa keju, warnanya kuning, berbentuk bubuk. Nutritional yeast banyak mengandung asam amino & vitamin B.

Lentil & Kacang-kacangan
Lentil dan kacang-kacangan seperti Kedelai, kacang tanah, buncis kacang merah, kapri, kacang panjang ataupun yang lainnya, bukan cuma mengandung gizi tinggi, tapi juga murah, mudah ditemukan dan mudah digunakan. Rendam kacang atau lentil terlebih dahulu selama semalaman sebelum memasak. Buang air rendamannya, bilas. Kacang & lentil siap dimasak.

Madu
Madu adalah pemanis alami yang berasal dari saripati bunga yang dikumpulkan oleh lebah. Madu memang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Hal tersebut juga tercantum dalam ayat suci Al Qur'an pada surat An-Nahl. Madu lebih nikmat dikonsumsi bersama roti tawar dan teh sebagai pengganti gula pada roti dan teh.

Bahan-bahan di atas dikonsumsi untuk menjaga kebutuhan gizi dan vitamin yang diperoleh oleh vegetarin yang tidak memakan zat hewani. Semoga informasi di atas bisa membantu Anda untuk mempersiapkan diri menjadi vegetarian.




Silakan share (copy paste) kembali di blog/web Anda dengan menyertakan link ke blog ini. Terima kasih telah berkunjung, semoga bermanfaat untuk Anda.

Artikel Terkait:

{ 0 Komentar,dibacaya}

Silahkan berkomentar Ya..

Sebagai orang bijak, biasakan berkomentar setelah membaca isi blog :) Silakan masukkan komentar terbaik Anda.