Pulau es yang pecah di Kanada (5X luas Jakarta) bisa menenggelamkan Pulau Jawa

pulau es gletser Petermann pecah
Sebongkah es berukuran besar terlepas dari gletser Peterman, Greendland, dan melintasi Lautan Arctic, Rabu (11/8/2010). Es tersebut sangat besar seperti pulau dengan luas 260 km2, ukuran tersebut artinya lima kali luas Jakarta Pusat. Bayangkan, jika semua es di Greendland, Kanada mencair, maka permukaan air di dunia akan naik setinggi 6 meter. Jika naik 2-3 meter saja, Jakarta Utara sudah tenggelam.

Bongkahan es yang tengah melintas di Lautan Arctic tersebut akan masuk ke daerah terpencil yang disebut Selat Nares, jaraknya sekitar 620 km selatan Kutub Utara, yaitu yang memisahkan Pulau Ellsemere dan Greenland. Bongkahan es bisa berbahaya, seperti yang dialamai oleh tragedi kapal Titanic.

“Pulau es itu sangat besar sehingga mustahil bisa menghentikannya,” ujar Hon-Ove Methie Hagen, glasiologis dari Universitas Oslo.

Pulau es ini akan mengganggu kapal-kapal yang melintas di sekitar Kanada jika es tersebut masuk ke Selat Nares sebelum musim dingin yang akan terjadi pada bulan depan dan akan mengganggu pengiriman minyak dari Newfoundland. Bongkahan es besar itu membahayakan anjungan minyak Grand Banks di pantai Newfoundland, Kanada. “Dari sanalah bisa menjadi titik awal bencana besar,” ujar Mark Drinkwater melalui Badan Antariksa Eropa.

Daya dorongnya sangat kuat, mampu menyapu anjungan minyak serta kapal yang akan melintas di depannya dan benturannya dapat menyebabkan kerusakan parah. Kalau pulau es itu meleleh, permukaan air di dunia akan menaik setinggi 20 kaki atau 6 meter.

Pecahan es besar itu pertama kali dilihat oleh Tudy Wohllenben, Kamis (5/8/2010) seorang peramal es dari Kanada lewat satelit. Reuters melaporkan, kejadian pecahnya bongkahan es besar dari gletser Peterman itu merupakan fenomena alam terbesar dalam kurun waktu 28 tahun terakhir. Kejadian sebelumnya terjadi pada tahun 1962 ketika Ward Hunt Ice Shelf, Greendland, membentuk sebuah pulau.

Sumber ref: green.kompasiana. com/iklim/2012/01/23/pulau-es-raksasa-5-kali-luas-jakarta-bisa-menenggelamkan-pulau-jawa/


Silakan komentar

Disqus Comments