Satelit Rusia bernama Phobos-Grunt, sudah jatuh di Samudera Pasifik

satelit rusia jatuh di samudera pasifik
Satelite Phobos Grunt adalah satelit milik rusia yang diluncurkan ke satelit Mars yang bernama Phobos pada 9 November 2011 lalu. Satelit tersebut gagal mengorbit dan akhirnya terjatuh kembali ke bumi. Silakan baca kronologi Phobos-Grunt bagi yang belum tahu kronologi jatuhnya satelit itu.

Satelit Phobos-Grunt sudah dipastikan oleh Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) jatuh di wilayah Samudera Pasifik  pada hari Senin (16/1) pada pukul 00.23 WIB.

Prof. Dr. Thomas Djamaludin, Deputi Sains, Pengkajian, dan Informasi Kedirgantaraan Lapan ini mengatakan bahwa satelit yang memiliki bobot 13,2 ton tersebut jatuh di Samudera Pasifik, namun belum diketahui lokasi tepat titik jatuhnya. Saat ini Indonesia masih aman. "Kesimpulan sementara, Indonesia aman dari kejatuhan Phobos-Grunt. Serpihannya pun tidak akan ditemukan di Indonesia" ujarnya.

Meskipun sudah dipastikan jatuh, namun tidak menutup kemungkinan akan adanya serpihan dari bangkai satelit ini yang belum jatuh. Sebab, saat bergesekan dengan atmosfer bumi terdapat serpihan yang hancur dan terpisah dari muatan induknya.


Silakan komentar

Disqus Comments