Siswa Indonesia kembali meraih prestasi internasional

Negara Indonesia kembali diharumkan oleh anak bangsa yang berprestasi dalam dunia sains internasional. Indonesia mampu meraih sejumlah medali, diantaranya 3 emas, 3 perak, 1 perunggu pada International Zhautykov Olympiad on Mathematics, Physics and Computer Science ke-8 yang diraih oleh 7 siswa pilihan.

IZHO atau International Zhautykov Olympiad 2012 diselenggarakan di Kota Almaty, Kazakhstan, pada 15-21 Januari 2012 dengan jumlah peserta sebanyak 343 orang yang berasal dari 54 tim dari 18 negara. Negara tersebut diantaranya Indonesia, India, Mongolia, Rusia, Moldova, Ukraina, Belarusia, Armenia, Tajikistan, Turkemenistan, Azerbaijan, Georgia, Kyrgyztan, Romania, Bulgaria, Afganistan, dan tuan rumah Kazakhstan.

Indonesia mengutus 9 jawara pintar, 6 diantaranya pria dan 3 wanita. Tim Indonesia dipimpin oleh Anton Wardaja dan Zainul Abidin.

3 medali emas yang dipersembahkan untuk Indonesia itu diraih oleh Albert Datui (SMAK Penabur Gading Serpong, Banten), Erwin Handoko Tanin (SMA Sutomo 1 Medan), dan Limiardi Eka Sancerio (SMAK Penabur Gading Sepong). Sedangkan medali perak dipersembahkan oleh Fransisca Susan (SMAK 1 BPK Penabur Jakarta), Christa Lorenzia Soesanto (SMA St Laurensia, Banten), dan Peter Tirtowijoyo Young (SMAK St Louis 1, Surabaya) dan perunggu dipersembahkan oleh Indhika Fauzhan Warsito (SMAN Unggulan MH Thamrin Jakarta).

Mereka adalah sebagian kecil bukti bahwa Indonesia memiliki SDM berkualitas tingkat internasional. Negara ini dihuni oleh anak-anak yang jenius dan cerdas.

Sumber ref: edukasi.kompas. com/read/2012/01/22/21300866/Pelajar.Indonesia.Raih.Prestasi.Internasional


Silakan komentar

Disqus Comments