{ 0 komentar}

SOPA & PIPA: AS menutup situs megaupload

Departemen Kehakiman & Biro Jaksa Federel memberikan dakwaan kepada 7 orang yang diduga terlibat dalam pembajakan di dunia maya. Pemerintah USA juga memberi sangsi kepada situs megaupload.com yaitu ditutupnya situs file sharing upload tersebut yang memungkinkan user anonimous mengupload file film, musik, atau video dengan ukuran file yang besar.

Diantara dari 7 terdakwa itu, empat diantaranya di tangkap di Selandia Baru, termasuk pemilik megaupload.com. Sisanya masih berstatus buron. Mereka adalah terdakwa atas tuduhan melanggar hak cipta & konspirasi dengan hukuman berkisar lebih dari 20 tahun kurungan penjara. Penangkapan ini terkait atas perencanaan Undang-Undang Anti-pembajakan Amerika Serikat atau Stop Online Piracy Act (SOPA) dan Protect Intellectual Property Act (PIPA) yang sedang hangat dibicarakan di Amerika.


Kim Schmitz alias Kim Dotcom, yaitu seorang lelaki berusia 37 tahun yang memiliki status kewarganegaraan ganda antara Jerman dan Finlandia. Ia menghabiskan masa hidupnya di Hong Kong dan Selandia Baru, serta menyebut dirinya flamboyan dalam video-video YouTube.

Di Hollywood, Ia mendapat sapaan: Dr Evil. Barangkali julukan tersebut  sebenarnya adalah sebuah "celaan" sebab Dotcom sudah pernah mendapatkan income sebesar US$ 42 juta sepanjang 2010 dari pengoperasian situsnya tersebut, Megaupload.

Megaupload sudah ditutup oleh otoritas Amerika sejak hari Kamis, 19 Januari 2012. Megaupload dituding telah merugikansebesar US$ 500 dari pemilik hak cipta.




Silakan share (copy paste) kembali di blog/web Anda dengan menyertakan link ke blog ini. Terima kasih telah berkunjung, semoga bermanfaat untuk Anda.

Artikel Terkait:

{ 0 Komentar,dibacaya}

Silahkan berkomentar Ya..

Sebagai orang bijak, biasakan berkomentar setelah membaca isi blog :) Silakan masukkan komentar terbaik Anda.