17 universitas terancam turun tingkat menjadi sekolah tinggi

Sejumlah 17 Universitas di Sulawesi terancam akan turun derajat menjadi  berstatus Institut atau sekolah tinggi. Kasus itu dicanangkan oleh koordinator Kopertis Wilayah IX Sulawesi, Prof Dr. H. Muhammad Basri Wello, MA, pada hari Sabtu (4/2/2012) di Makassar.

Ia mengaitkan hal tersebut dengan Peraturan Pemerintah No.234 yang menyatakan bahwa pengelolaan suatu universitas minimal wajib memiliki sedikitnya 10 program studi (prodi). Regulasi pendidikan tinggi tersebut akan dilaksanakan dan berlaku mulai tahun 2012 ini. Peraturan pengelolaan universitas tersebut sudah cukup lama diberlakukan, namun universitas yang terancam turun tingkat tersebut sudah berjalan sebelum aturan baru itu diberlakukan.

Selain adanya regulasi untuk universitas, peraturan juga diberlakukan untuk sekolah tinggi. Sekolah tinggi diwajibkan memiliki dua prodi yang dibina, yaitu satu prodi S-1 dan D-3. Institut juga mendapat perlakuan yang sama. Pengelola institut minimal membina lima prodi.
"Universitas yang mengelola di bawah 10 prodi, dalam waktu dekat pihak Kopertis IX akan melakukan komunikasi secara lebih intensif," ujar Basri.

Perlakuan yang sama juga akan dilakukan kepada institut dan sekolah tinggi yang mempunyai prodi yang dibinanya kurang dari ketentuan yang berlaku.

Referensi:edukasi.kompas.com/read/2012/02/05/1017136/17.Universitas.Terancam.Jadi.Sekolah.Tinggi


Silakan komentar

Disqus Comments