Satelit Indonesia akan diluncurkan di India tahun ini

satelit lapan a2 orari
Indonesia berencana meluncurkan satelit baru ke luar angkasa pada tahun 2012 ini. Sebelumnya, melalui Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Indonesia sukses menerbangkan satelit yang bernama Lapan-Tubsat di tahun 2008 hingga misinya selesai pada tahun 2013. Kini Lapan akan meluncurkan kembali satelit baru yang bernama Lapan A2 (ORARI).

Satelit Lapan A2 ORARI rencananya akan diluncurkan di negara India pada semester kedua tahun ini, perkiraan sekitar bulan September hingga Desember.

Lapan masih bernegosiasi dengan India agar satelit bisa diluncurkan di sana. Lapan juga menargetkan, satelit tersebut dapat tiba pada Juni 2012 untuk tes kelayakan dengan prosedur dan persyaratan setempat. Rencananya, peluncurannya juga akan dibarengi dengan peluncuran rocket India.

Lapan Orari dibuat atas kerjasama LAPAN dan Organisasi Radio Amatir Indonesai (Orari). Misinya yaitu untuk membantu komunikasi dan mitigasi saat bencana alam. Satelit ini juga dilengkapi dengan dua kamera yang berjangkau pandang 12 km (2x lipat satelit Lapan Tubstat). Lintasan orbitnya ekuatorial dan akan melintasi Indonesia sebanyak 14x sehari.


Silakan komentar

Disqus Comments