Google resmi buka kantor di Indonesia

Source: kompas.com
Akhirnya, provider internet terbesar di dunia, Google, membuka cabang di Indonesia. Berita tersebut di umumkan pada hari Jum'at (30/3/2012). Kehadiran Google di tanah air membuktikan keseriusannya untuk berinvestasi di Indonesia. Bukti keseriusan tersebut juga sempat dirasakan ketika program periklanan milik Google (Adsense) menyetujui Bahasa Indonesia masuk dalam bahasa layanannya.

Memang tak bisa dipungkiri, Indonesia adalah negara yang memiliki pangsa pasar yang cukup besar. Jumlah penduduk yang banyak serta meningkatnya jumlah pengguna internet tiap waktu, tentu mempengaruhi jumlah kegiatan jual-beli di internet. Hal tersebut menjadikan Indonesia sebagai negara yang empuk sebagai tempat berinvestasi bagi sebagian provider.

Google tergolong lambat dalam memanfaatkan pangsa pasar di Indonesia. Sebagian provider lain sudah terlebih dahulu menempatkan cabangnya di Indonesia, bahkan ada yang resmi memindahkan kantor pusatnya ke Indonesia. Contohnya Yahoo dan Multiply.

Yahoo sudah lama menempatkan kantor cabangnya di Jakarta, sedangkan Multiply bahkan sudah memindahkan kantor pusatnya yang di Amerika ke Jakarta-Indonesia.

Sebenarnya layanan Google sudah lama masuk Indonesia, yakni sejak peluncuran google.co.id, namun kantor perwakilan cabang masih yang di Singapura.

Semoga kehadiran Google dapat berdampak positif bagi negeri ini dalam memajukan pendidikan, teknologi, serta ekonomi.


Silakan komentar

Disqus Comments