Materi Umum Peraturan Baris-berbaris Paskibra & Pramuka



Jika kita berbicara tentang paskibra dan pramuka, maka 2 hal ini bisa dikatakan mirip. Mirip di sini karena keduanya memiliki salah satu materi dasar yang sama. Materi dasar di sini yang dimaksud adalah peraturan baris berbaris atau yang bisa kita kenal dengan akronim PBB. Hal ini sering diterapkan untuk banyak kegiatan, terlebih yang berhubungan dengan upacara.

Peraturan baris berbaris memiliki tujuan untuk menumbuhkan rasa persatuan, sikap jasmani yang tangkas dan tegap, dan disiplin. Dengan begitu, mereka yang tergabung dalam pramuka atau paskibra bisa mengutamakan kepentingan tugas di atas individu. Secara tak langsung pun menanamkan tanggung jawab. Hal ini bisa kita lihat dari penerapan di lapangan.


Bila kita ingin mengetahui beberapa dasar dari peraturan baris berbaris, maka ada 12 gerakan dasar yang bisa dilakukan. Beberapa gerakan tersebut antara lain adalah sikap sempurna, hadap serong kanan, hadap serong kiri, hadap kanan, hadap kiri, balik kanan, lencang kanan, lencang depan, jalan di tempat, hormat, berhitung, dan juga jalan di tempat.

Semua gerakan dasar tersebut biasanya juga diikuti dengan variasi tertentu untuk satu event. Misalnya saja untuk upacara, dengan variasi tertentu baik dari jumlah personel sampai dengan formasi pada saat berbaris.

Itulah beberapa dasar dari peraturan baris berbaris. Setelah kita mengetahuinya, maka ini akan memberi kemudahan bagi siapa pun yang ingin menguasai hal ini. Eksekusinya pun bisa lebih dipahami secara maksimal.
Materi Umum Peraturan Baris-berbaris Paskibra & Pramuka Materi Umum Peraturan Baris-berbaris Paskibra & Pramuka Reviewed by Admin on 22.09 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.