Sering Muncul Sariawan Tiba-tiba, Apa Aja Sih Penyebabnya?

Sariawan merupakan jenis luka yang muncul pada lidah, mulut, gusi atau bibir yang cukup mengganggu. Kekurangan vitamin C bisa menjadi pemicu masalah yang umum terjadi pada banyak kalangan ini. Penderita mengalami kekurangan nutrisi karena minim mengkonsumsi buah dan sayuran. Namun, sariawan bisa pula muncul tiba-tiba sehingga membuat Anda merasakan perih di bagian mulut tertentu. Lantas, apa aja sih yang bisa menyebabkan sariawan ini?

Ada beberapa faktor yang menyebabkan sariawan sering muncul tiba-tiba antara lain berikut ini.

  1. Faktor genetik. Seseorang yang memiliki riwayat sariawan di lingkup keluarga bakal mengalami keluhan yang sama.
  2. Kekurangan zat besi, asam folat dan juga vitamin B12
  3. Mengalami cedera yang melukai mulut seperti tergigit, tertusuk makanan yang memiliki ujung tajam, penggunaan kawat gigi dan sebagainya.
  4. Alergi terhadap jenis makanan tertentu atau konsumsi zat kimia yang bisa membuat mulut iritasi.
  5. Menggunakan jenis obat-obatan tertentu yang bisa memicu sariawan muncul tiba-tiba.
  6. Stress yang berlebihan hingga menyebabkan perubahan hormon yang tidak seimbang.


Sariawan yang sering muncul tiba-tiba bisa saja dipengaruhi oleh beberapa faktor di atas. Gangguan yang bisa menyebabkan rasa perih ini bisa menghilang sendiri seiring waktu. Namun, Anda juga bisa mengupayakan pengobatan alami untuk menangani sariawan yang cukup meresahkan. Selain itu, tetap jaga kebersihan mulut Anda untuk mencegah sariawan muncul kembali.
Sering Muncul Sariawan Tiba-tiba, Apa Aja Sih Penyebabnya? Sering Muncul Sariawan Tiba-tiba, Apa Aja Sih Penyebabnya? Reviewed by Admin on 13.10 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.