Apa Penyebab & Solusi Rambut Rontok pada Usia Remaja?



Rambut mengalami kerontokan antara 10-100 helai per hari tergolong normal. Kamu mungkin tidak perlu khawatir berlebihan jika mengalami kerontokan normal seperti ini. Namun, kerontokan abnormal wajib diwaspadai jika mengakibatkan penipisan rambut baik laki-laki atau perempuan. Bahkan, usia remaja juga rentan mengalami kerontokan rambut abnormal. Sebenarnya apa penyebab utama rambut rontok pada usia remaja?


  • Penyebab Kerontokan Rambut pada Usia Remaja
Ada beberapa penyebab utama seorang remaja mengalami kerontokan rambut berlebihan seperti pengaruh hormonal. Pada remaja putri, pengembangan ovarium polikistik bisa menyebabkan rambut rontok. Sedangkan ketidakseimbangan hormon androgen menjadi penyebab rambut rontok pada remaja laki-laki. Selain itu, bisa jadi meningkatnya kadar gula darah, konsumsi obat-obatan dan junk food menjadi penyebab kerontokan.

Hal yang perlu diperhatikan pula adalah perawatan rambut yang berlebihan bisa membuat rambut rontok lebih banyak. Penggunaan zat kimia pada saat pewarnaan, kondisioner yang berlebihan hingga menyisir terlalu keras bisa membuat rambut tidak lagi sehat.

  • Solusi Mencegah dan Menangani Rambut Rontok
Lakukan perawatan terbaik untuk mencegah rambut rontok lebih banyak. Keramas menggunakan shampo yang tepat dan hindari memeras atau menyisir rambut terlalu keras. Sebaiknya minimalisir penggunaan hairdryer atau biarkan rambut kering secara alami. Selain itu, kamu juga harus mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang atau makanan yang mengandung zinc, protein dan omega 3.

Penggunaan hair tonic juga bisa membuat rambut lebih kuat dan sehat. Jangan lupa untuk memberlakukan hidup sehat sejak dini agar terhindar dari masalah kerusakan rambut yang serius. Remaja sudah mengalami kerontokan rambut, apa kata dunia?
Apa Penyebab & Solusi Rambut Rontok pada Usia Remaja? Apa Penyebab & Solusi Rambut Rontok pada Usia Remaja? Reviewed by Admin on 22.09 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.