Perbedaan Yudisium, Sidang & Wisuda, Lalu Seberapa Penting Mereka



Ada sebagian orang yang masih merasa bingung dengan beberapa istilah dalam bangku perkuliahan. Pada umumnya, beberapa istilah ini sering kali membuat sebagian orang kurang tepat dalam memahaminya. Padahal, beberapa istilah penting tersebut berhubungan dengan kegiatan di dunia perkuliahan. Hal ini pun biasanya dialami oleh tiap mahasiswa tingkat akhir.

Biasanya, kita akan menemukan istilah yudisium. Hal ini jelas berbeda dengan sidang dan wisuda. Yudisium adalah prosesi peresmian mahasiswa yang telah lulus dalam menempuh sidang skripsi. Yudisium ini pada umumnya seperti rangkaian upacara di dalam ruangan yang sifatnya formal. Pakaian yang dikenakan berupa setelah formal dan jas almamater.


Selain yudisium, ada juga istilah sidang. Di sini, sidang yang dimaksud adalah ujian dan presentasi dari hasil penelitian atau tugas akhir yang ditempuh oleh seorang mahasiswa tingkat akhir. Pada sidang, mahasiswa akan mempertanggungjawabkan hasil penelitian atau tugas akhir dan diberi pertanyaan oleh sejumlah dosen penguji dan pembimbingnya.

Sementara untuk wisuda, hal ini berbeda dengan yudisium. Jika yudisium dilaksanakan di tiap fakultas atau program studi, wisuda diselenggarakan secara umum untuk jenjang satu universitas. Pelaksanaannya formal, mengenakan toga. Bagi laki-laki, mereka juga mengenakan setelan jas formal. Sementara perempuan mengenakan kebaya.

Ketiganya sangat penting dilaksanakan, sebab menjadi rangkaian kegiatan yang sudah ditetapkan oleh tiap universitas. Rangkaian kegiatan tersebut pun saling berkesinambungan, sehingga kelulusan seorang mahasiswa bisa dipenuhi dengan lengkap, termasuk dengan penyerahan dokumen penting seperti ijazah, transkrip nilai, dan atau akta mengajar.
Perbedaan Yudisium, Sidang & Wisuda, Lalu Seberapa Penting Mereka Perbedaan Yudisium, Sidang & Wisuda, Lalu Seberapa Penting Mereka Reviewed by Admin on 22.09 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.