Jangan Asal Pilih, Ini Tips Memilih Mainan Untuk Bayi


Mainan bayi yang kini jumlahnya sudah sangat banyak, membuat sebagian besar orang tua harus bisa memilih jenis mainan yang bermanfaat sekaligus aman untuk bayi. Maklum saja, bayi masih cukup rentan bila harus bersentuhan dengan mainan yang memang terbuat dari bahan-bahan berbahaya. Untuk itu, bagi para orang tua penting kiranya menerapkan tips memilih mainan untuk bayi agar si kecil mendapatkan mainan yang sesuai dan aman untuk usianya.

Beberapa tips memilih mainan untuk bayi bisa Anda terapkan saat berencana membeli mainan di pasaran. Seperti apa tips memilih mainan yang aman untuk si kecil? Yuk simak!
  1. Perhatikan usia si kecil
Sebelum merencanakan untuk membeli mainan bagi si kecil, langkah pertama adalah memerhatikan usia bayi Anda. Usia bayi menentukan kebutuhan mainan yang tepat untuk mereka. Sesuaikanlah usia dengan kebutuhan mainan tersebut ya!


  1. Carilah referensi yang tepat
Mencari referensi melalui internet atau informasi orang terdekat juga dibutuhkan sebagai bahan pertimbangan Anda. Setiap perubahan zaman pasti muncul jenis mainan yang berbeda dan tugas para orang tua adalah mencari informasi sebanyak-banyaknya terkait mainan tersebut, fungsinya, serta manfaatnya bagi si kecil.
  1. Perhatikan bahan
Tips memilih mainan selanjutnya adalah dengan memerhatikan bahan yang digunakan untuk membuat mainan. Usia bayi Anda yang terbilang masih kecil dan rentan pada bahan berbau keras, atau formulanya terlalu berat juga bisa menjadi kendala. Jadi, sebaiknya untuk bayi, pilihlah bahan plastik ringan atau kain lembut yang tidak menimbulkan alergi atau bahaya lainnya.
  1. Amati alergi pada bayi
Sebagai orang tua, adalah tugas Anda untuk mengetahui alergi yang dimiliki buah hati Anda. Bisa saja, si kecil alergi pada bulu sehingga Anda pun sebaiknya tidak membeli mainan seperti boneka atau bahan berbulu lainnya. Amati terlebih dulu alergi yang mungkin diderita si kecil atau konsultasikan pada dokter sebelum memberikan jenis mainan tertentu pada bayi.
  1. Berat dan ukuran mainan serta bahayanya
Bayi yang masih kecil tentunya tidak membutuhkan mainan yang besar atau berat untuk bisa diraihnya dengan tangan. Untuk itu, penting bagi Anda memerhatikan ukuran mainan serta berat mainan tersebut agar tidak mengganggu bayi. Jangan lupa untuk memerhatikan pula bahayanya bagi si kecil yang masih berusia bayi ya!
Jangan Asal Pilih, Ini Tips Memilih Mainan Untuk Bayi Jangan Asal Pilih, Ini Tips Memilih Mainan Untuk Bayi Reviewed by Admin on 06.39 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.