Site icon Ilmu Share for You

Apa Saja Makanan yang Disunnahkan untuk Berbuka Puasa?

Pada bulan Ramadhan, semua umat muslim diwajibkan untuk melaksanakan ibadah puasa. Momen puasa seperti ini hanya datang satu kali dalam setahun. Wajar saja jika banyak masyarakat muslim yang menantikan akan kedatangan bulan Ramadhan.

Keistimewaan dari bulan Ramadhan adalah segala kebaikan akan dilipatgandakan pahalanya. Makanya banyak masyarakat yang berlomba-lomba untuk melakukan kebaikan saat bulan Ramadhan ini. Salah satunya dengan mengikuti sunnah dari Rasulullah dengan memakan makanan yang disunnahkan untuk berbuka puasa.

4 Makanan yang Disunnahkan untuk Berbuka Puasa

Ada banyak sunnah yang bisa kamu lakukan saat bulan Ramadhan. Salah satunya dengan mengikuti memakan makanan yang disunnahkan untuk berbuka puasa. Makanan yang disunnahkan merupakan jenis makanan yang sering dikonsumsi Rasulullah.

Tentunya semua jenis makanan yang disunnahkan ini memiliki banyak kandungan gizi yang baik untuk kesehatan. Jika dikonsumsi secara rutin, maka tubuhmu akan tetap terjaga kesehatannya. Cobalah ikuti beberapa menu makanan yang disunnahkan untuk berbuka puasa di bawah ini.

Makanan dengan Citarasa Manis

Sudah menjadi rahasia umum, bahwa saat berbuka puasa masyarakat muslim dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang manis. Biasanya masyarakat muslim di Indonesia memiliki kebiasaan untuk mengonsumsi makanan manis berupa takjil. Aneka ragam takjil ini memang cocok dikonsumsi saat berbuka puasa.

Salah satu menu makanan yang dijadikan takjil dan hanya ada saat bulan Ramadhan adalah kolak. Makanan ini tidak hanya memiliki citarasa yang manis dan menyegarkan. Namun juga memiliki banyak manfaat yang bagus untuk kesehatanmu.

Buah Kurma

Makanan yang sering dikonsumsi oleh Rasulullah adalah buah kurma. Pastinya semua masyarakat muslim tahu mengenai sunnah yang satu ini. Tidak heran jika menjelang bulan puasa, buah kurma banyak dicari oleh masyarakat. Buah dengan citarasa yang manis iniĀ  memang memiliki banyak manfaatnya.

Tidak hanya bagus dikonsumsi saat berbuka puasa saja, Rasulullah juga menganjurkan untuk dikonsumsi saat sahur. Buah kaya akan serat, vitamin, kalori dan karbohidrat ini membuatmu merasa kenyang lebih lama dan juga cocok disantap saat sahur.

Olahan Daging Domba

Siapa sangka jika Rasulullah juga suka mengonsumsi makanan dengan olahan daging domba. Daging domba memiliki banyak kandungan yang bermanfaat untuk tubuh. Seperti dapat mengobati dan mencegah anemia, meningkatkan daya tahan tubuh, mendukung kesehatan pada sistem saraf dan masih banyak lagi manfaat baik lainnya.

Meskipun menjadi salah satu olahan makanan yang disukai Rasul, namun tidak boleh dikonsumsi terlalu sering. Rasulullah lebih sering mengonsumsi makanan yang terbuat dari tumbuhan. Memang, mengonsumsi olahan daging domba secara berlebihan tidak baik untuk kesehatan.

Mengonsumsi Kacang-kacangan

Tidak hanya buah dan sayuran yang sering dikonsumsi oleh Rasulullah, melainkan juga kacang-kacangan. Olahan kacang-kacangan yang paling disukai oleh Rasul adalah Tharid. Tharid merupakan masakan kaldu dengan isian utamanya berupa kacang-kacangan Arab.

Kacang-kacangan Arab ini memang memiliki banyak manfaatnya. Seperti dapat mengontrol berat badan, mengontrol kadar gula, mengurangi resiko penyakit jantung dan lain sebagainya. Kamu bisa mengonsumsi kacang-kacangan ini namun tetap dalam porsi yang cukup dan tidak berlebihan.

Berbagai makanan yang disunnahkan untuk berbuka puasa di atas bisa kamu coba mulai dari sekarang. Pastikan untuk selalu mengingat bahwa tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan. Bukankah segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik?

Untuk itu konsumsi makanan secukupnya agar kesehatan tubuhmu tetap terjaga dengan baik. Jangan lupa konsumsi sayur dan buah setiap harinya. Selamat mencobanya!

Exit mobile version