Biaya Penggantian Kartu Kredit Karena Hilang, Rusak atau Dicuri

Musibah memang tidak pernah luput dari sekitar kita, tidak terkecuali bagi Anda yang memiliki kartu kredit. Entah itu kartu kredit hilang, rusak, dicuri karena kelalaian yang telah kita lakukan. Namun meski begitu, bank tentunya tidak ingin kehilangan nasabahnya yang potensial seperti Anda, maka dari itu tentunya pihak bank akan mengajukan kartu kredit yang baru.

Yang sering terjadi dengan salah satu fasilitas bank yang satu ini yaitu biasanya rusak karena sering digunakan, kondisi seperti itu bisa dibilang masih untung karena jika kartu kredit Anda hilang karena kelalaian Anda atau dicuri maka Anda diharuskan membayar untuk kartu yang baru. Namun tidak semua bank mengharuskan membayar untuk kehilangan kartu tersebut, ada beberapa bank yang menggratiskan untuk pertama kalinya, untuk itu Anda harus mencari tahu bagaimana prosedur penanganannya.

Biasanya bagi Anda yang baru menggunakan kartu kredit, bank akan mengirim penggantinya pada Anda. Jika Anda bank yang memberi keringanan untuk tidak membayar kartu yang baru ketika hilang, bank tersebut menganggap Anda masih parno atau belum biasa menggunakannya sehingga hal tersebut bisa dimaklum. Namun jika selanjutnya Anda menghilangkannya, pihak bank tidak memberi toleransi dan Anda harus membayar untuk kartu yang baru. Biasanya biaya penggantian kartu kredit yang baru berkisar antara 50 -200 ribu rupiah.

Jika kartu kredit Anda benar hilang dicuri atau dipakai oleh orang lain sebaiknya langsung Anda menghubungi pihak bank yang terkait. Itu untuk mengantisipasi kerugian karena penggunaan kartu yang bukan atas izin Anda. Tentunya Anda tidak ingin membayar tagihan bank sementara Anda tidak menggunakan kartu tersebut. Ada satu hal lagi penggantian yang tidak mengeluarkan biaya yaitu jika masa berlaku kartu Anda sudah habis atau valid date. Jika memang sudah memasuki valid date, maka Anda akan dikirim kartu yang baru ke alamat rumah atau kantor Anda.

Kesimpulannya bahwa tidak semua penggantian kartu kredit yang baru harus mengeluarkan biaya. Yang terpenting lebih ditingkatkan kewaspadaan jangan lalai dan hati-hati dalam menggunakannya agar Anda terhindar dari Kartu kredit hilang rusak dicuri.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*
*