Hal yang Harus Dipertimbangkan Dalam Investasi Reksadana Online Selain Keuntungan

Bagi Anda yang pintar dalam mengelola keuangannya tentu sudah tahu yang namanya investasi reksadana. Pemerintah yang berkejasama dengan perusahaan investasi benar-benar bisa mendorong masyarakatnya untuk mengelola keuangan secara cerdas, cermat dan mudah. Jika sebelumnya Anda harus mendatangi kantor agen penjual reksadana atau bank untuk mendaftar diri, sekarang dengan berkembangnya media internet Anda bisa melakukan investasi reksadana secara online.

Investasi reksadana online ini merupakan investasi yang bisa diakses secara online baik lewat situs bank atau manajer investasi. Tentunya hal tersebut sangat menguntungkan bagi Anda, karena tidak perlu repot-repot untuk datang ke perusahaan reksadana. Tapi dibalik kepraktisan tersebut, tentunya ada hal yang harus Anda perhatikan. Karena ada bank yang mengambil kebijakan para investor harus membeli  dalam jumlah tertentu dan selanjutnya diharuskan membeli rutin dengan biaya yang lebih rendah dibandingkan awal membeli.

Ada hal lainnya yang bisa Anda pertimbangkan seperti biaya-biaya yang harus dipungut di dalam investasi reksadana. Membeli reksadana di bank memang memberikan kemudahan bagi para investor, karena bisa diakses oleh semua orang bahkan sampai kepedesaan. Hanya saja pihak bank biasanya menambahkan persentase biaya tertentu, sama halnya seperti reksadana unit link. Hal itu akan sangat mengganggu pertumbuhan investasi karena biaya yang dibebankan tersebut terbilang cukup besar.

Namun tidak semua perusahaan investasi yang memberlakukan persentase biaya tertentu, ada juga beberapa perusahaan yang menggratiskannya. Biasanya mereka mendapatkan pembagian manajemen fee yang berasal dari perusahaan manajemen investasi penerbit reksadana. Dengan adanya perusahaan seperti ini, para investor tidak perlu khawatir lagi dengan beban biaya tambahan.

Untuk memulai investasi reksadana melalui media internet sangatlah mudah, Anda tinggal mengisi formulir yang telah disediakan di website perusahaan tersebut. Kemudian setelah itu petugas akan datang ke rumah Anda untuk melengkapi sejumlah persyaratan lainnya. Kebijakan ini memang menjadi syarat yang diberlakukan oleh Bank Indonesia, hal ini dilakukan agar antara investor dan pengelola bisa lebih mengenal dan hal ini juga bisa dimanfaatkan investor untuk berkonsultasi secara langsung.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*
*