Macam-macam Cara Berinvestasi Emas di Pegadaian

Emas merupakan investasi yang paling menguntungkan dibanding yang lain, seperti saham, deposito, reksadana, rumah dan lain sebagainya. Walaupun demikian, masih banyak orang yang ingin memiliki atau berinvestasi dalam bentuk emas, tetapi takut untuk menyimpannya di dalam rumah karena merasa kurang terjaga keamanannya. Oleh karena itu, ada banyak cara dilakukan untuk menyimpan emas. Salah satunya dengan menggunakan fasilitas yang diberikan oleh pegadaian. Berikut beberapa cara berinvestasi di pegadaian, antara lain :

Menitipkan emas

Pegadaian telah membuka layanan jasa penitipan emas, sehingga Anda dapat menitipkan emas yang dimiliki dengan aman dan terjamin serta dikenakan biaya administrasi yang cukup murah. Emas yang telah disimpan di pegadaian akan diasuransikan, jadi Anda tidak perlu khawatir apabila emas Anda hilang. Untuk biaya jasa penitipan emas di pegadaian juga cukup terjangkau, hanya Rp 20.000 per 100 gram per bulan.

Mencicil emas

Anda juga bisa berinvestasi emas dengan cara mencicil emas di pegadaian. Anda hanya tinggal datang ke kantor pegadaian terdekat untuk memilih logam mulia yang telah diinginkan. Tetapi sebelumnya Anda harus membayar uang muka antara 20-30% dari nilai emas tersebut. Selanjutnya, Anda menentukan jangka waktu cicilan antara 1 bulan sampai 36 bulan dan jumlah cicilan. Setelah cicilan dilunasi, Anda bisa menerima emas dalam waktu 1-2 minggu dari waktu pelunasan.

Tabungan emas

Konsep dalam tabungan emas ini adalah dengan Anda membeli emas dan dititipkan di pegadaian serta bisa dicairkan layaknya Anda mengambil tabungan. Produk ini semakin memberikan kemudahan kepada semua masyarakat, karena hanya dengan minimal Rp5.000 dan Rp10.000, Anda sudah dapat melakukan investasi emas seberat 0,01 gram.

Gadai emas

Apabila Anda membutuhkan uang tapi tidak ingin menjual emas yang dimiliki, maka Anda bisa menitipkan dengan cara melakukan gadai ke pegadaian. Nilai pinjaman yang bisa didapatkan adalah sebesar 85% dari harga emas. Jadi apabila emas Anda ditaksir dengan nilai Rp1 juta, maka dana pinjaman yang didapatkan adalah Rp850.000. Waktu gadai yaitu selama 4 bulan, tetapi dapat diperpanjang dengan membayar tambahan biaya sewa.

Arisan emas

Cara lain untuk investasi emas adalah dengan melakukan arisan logam mulia di pegadaian. Anda dapat mengikuti program ini dengan cara mengajukan permohonan ke kantor pegadaian terdekat atau membentuk kelompok yang terdiri dari minimal 6 orang. Pemesanan dalam 1 kali undian minimal sebesar 1 gram dan maksimal tak terbatas.

Itulah beberapa cara berinvestasi emas di pegadaian. Anda tidak perlu khawatir mengenai fluktuatif harga, karena pegadaian menerapkan sistem harga flat. Sehingga naik atau turunnya harga pada emas tidak akan mempengaruhi harga emas di program pegadaian dan tidak akan berubah sejak awal perjanjian.


One thought on “Macam-macam Cara Berinvestasi Emas di Pegadaian”

  • Alojamiento web

    27 Juli 2016 at 13:27

    Sebenarnya ada banyak cara menyimpan emas. Salah satunya dengan mengunakan fasilitas yang diberikan oleh perusahaan negara seperti Pegadaian. Nah, berikut lima cara investasi emas di Pegadaian yang perlu Anda tahu seperti yang dikutip dari

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*
*